[PPSMB] Cyber Campus? Opini Ku!

Cyber Campus

Salam PPSMB 2015!
Disini saya akan share opiniku mengenai Cyber Campus…
Untuk pertama – tama, Apa sih Cyber Campus itu?

Cyber Campus adalah bentuk upaya untuk menjadikan kampus tersebut berbasis teknologi informasi. Usaha tersebut diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi. – Kompasiana

Dunia sekarang ini udah pada canggih – canggih… Apa – apa teknologi, hampir semuanya serba menggunakan teknologi….

Teknologi memang ampuh dalam hal mempermudah suatu pekerjaan… Pekerjaan lebih mudah dan cepat, hasil pun sama ratanya dengan apa yang diharapkan…

Terus gimana coba Cyber Campus?
Nih ya, menurut saya, dengan metode Cyber Campus ini, sangat – sangat membantu dalam proses pembelajaran di Kampus… Gak hanya pembelajaran, informasi mengenai hal seputar kampus juga mudah untuk di dapatkan… Semuanya terorganisir dengan rapi dan mudah untuk di akses selama ada koneksi internet….

Tapi nih gan, Cyber Campus dalam hal ke-efektifannya, masih kurang…. Menurut saya lah ya, terutama info – info yang berbasis online, terkadang servernya itu masih suka nge-down, yang akan menghambat proses – proses penting dalam pendataan….. Servernya gak bisa menghadapi banyaknya traffic yang masuk…. Apalagi di kampus, beribu – ribu mahasiswa memakainya, apalagi di saat penerimaan mahasiswa baru, beuh bakalan susah untuk masuk ke websitenya… Tapi untuk hal tersebut tidak terlalu amat parah…

Untuk di kampus – kampus di Indonesia, terburu – buru untuk menggunakan Cyber Campus… Perencanaan terhadap Cyber Campus masih kurang matang… Sehingga masih banyak ditemui celah – celah yang rawan….

Kurang nya keefektifan dalam merawat website kampus tersebut, hal itu yang sering saya temui saat mengunjungi website kampus – kampus di Indonesia…. Jadi saat pengunjung datang ke website tersebut, akan bingung melihat nya dan susah untuk mencari apa yang ingin mereka cari…..

Saran dari saya :

Saya sangat ingin Cyber Campus diterapkan ke seluruh kampus di Indonesia, karena akan mempermudah para mahasiswa…. Tetapi, seperti yang dilansir di Kompasiana :

Pertama, sebaiknya yang lebih diutamakan adalah sumber daya manusianya. Jika SDM baik pasti akan menghasilkan sesuatu yang terbaik. Namun jika SDM nya kurang bagus sudah tentu hasil yang akan dicapai tidak seperti yang diharapkan. Mungkin diberikan pelatihan atau peningkatan penguasaan di bidang teknologi terlebih dahulu. – Kompasiana

SDM nya lah yang mesti di tingkatkan… Mesin boleh bagus, tetapi jikalau SDM nya kurang, maka tidak akan seperti yang diharapkan… Yang memegang ahli kendali terhadap semua tidakan Cyber Campus mestilah orang yang benar – benar pandai dalam bidang tersebut… Agar sistem Cyber Campus tersebut menjadi efektif dalam kinerjanya….

Dan saya mengharapkan agar meningkatkan keamanan dalam Cyber Campus, agar data – data penting yang tersimpan tidak kecurian dengan mudah…. Sehingga akan ada rasa tenang dan aman saat data – data penting warga kampus di simpan di server kampus tersebut…. Walaupun “No System is Green“, tetapi tingkat keamanan bisa di buat persulit untuk ditembus….

Dan juga konsep Cyber Campus dibuat semenarik mungkin, agar orang – orang yang melihatnya akan tertarik… Gak hanya menarik, tapi juga terorganisir dengan rapi dan mudah untuk di akses….

Jangan terburu – buru untuk menerapkan Cyber Campus… Mulai dari hal yang kecil, agar hal yang besar nanti akan lebih efektif, karena hal – hal kecil sudah teratasi dan menimbulkan sedikit celah atau tidak ada celah sama sekali….

Leave a Reply

Your email address will not be published.