[Ayo Belajar] Sistem Bilangan

Ayo Belajar_Sistem Bilangan

Kembali lagi di blog saya! Post kali ini saya akan menjelaskan mengenai Sistem Bilangan yang telah saya pelajari di awal Mata Kuliah Teknik Digital. Mungkin kalian sudah familiar dengan sistem bilangan. Seperti hal nya di dunia matematika terdapat bilangan asli, real, rasional, dll. Di dunia digital juga tidak mau kalah dengan hal tersebut. Di dunia digital memiliki bilangan biner, desimal, oktal dan heksadesimal.

Waduh waduh… Apa itu fik?
Mau tahu lebih lanjut? Mari simak terus post ini! 😀

==================================================================

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa di dunia digital terbagi atas 4 jenis bilangan, yaitu bilangan biner, desimal, oktal dan heksadesimal. Keempat jenis bilangan tersebut saling terkait satu sama yang lain, yang akan saya jelaskan di post selanjutnya. Kali ini kita akan membahas macam jenis bilangan yang ada di dunia digital.

1. BILANGAN BINER

Biner

Melihat kata biner, yang terdapat  kata “bi-” di dalamnya. Secara otomatis otak kita mengartikan bahwa ini berjumlah 2. Kita sering juga mendengar kata – kata yang mempunyai kata “bi-” di dalamnya, seperti bipolar, bilateral, biconcave, dll. Begitu pula biner, yang merupakan bilangan yang terdiri dari 2 angka saja, yaitu 1 dan 0.

Tidak asing bukan? angka 1 dan 0 di dalam dunia digital di artikan Yes (1) or No (0) atau True (1) or False (0). Bilangan biner lah yang banyak dipakai di dalam dunia digital, seperti bahasa mesin yang ada pada komputer.

2. BILANGAN DESIMAL

DesimalBilangan desimal merupakan bilangan berbasis 10. Yang terdiri dari angka 0,1,2,…,9. Bilangan ini lah yang biasanya kita gunakan sehari – hari.

3. BILANGAN OKTAL

Oktal

Dari namanya saja kalian dapat simpulkan bahwa bilangan ini merupakan bilangan berbasis 8. Bilangan Oktal terdiri dari angka 0,1,2,…,7, yang berjumlah 8 angka.

4. BILANGAN HEKSADESIMAL

Heksadesimal

Heksa?? Berbasis 6?
Tidaak… Bilangan Heksadesimal merupakan bilangan berbasis 16.
Dalam bilangan heksadesimal tidak hanya terdiri dari angka saja, tetapi terdapat huruf di dalam nya. Jadi bilangan heksadesimal terdiri dari 0,1,2,…,9,A,B,C,D,E,F. Bilangan heksadesimal biasa disingkat hex.

==================================================================

Nah, itulah macam – macam bilangan yang ada di dalam dunia digital. Di post selanjutnya saya akan menjelaskan keterkaitan antara satu jenis bilangan dengan jenis bilangan yang lain. Stay tune dengan blog ini yaa! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.