Bingung Mau Beli Laptop Apa?

Which One Laptop

Banyak orang yang bertanya ke saya, jenis laptop apa yang harus mereka beli. Nah, di post kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan temen – temen atau yang sesuai untuk kondisi saat ini (tidak tahu kondisi kedepannya :p). Agar lebih JOSS saat ingin membeli laptop, tanpa ada keraguan sama sekali (kecuali budget yang ada).

// Laptop Untuk Kebutuhan Sehari – Hari

Maksudnya untuk kebutuhan sehari – hari adalah laptop yang digunakan untuk mengetik, browsing, download, nonton video, dan kegiatan yang ringan – ringan. Untuk tipe laptop seperti ini kebanyakkan dengan range harga 2 – 5 juta.

Tipe ideal yang tepat untuk kebutuhan sehari – hari adalah laptop yang kecil dan portable. Yang mudah untuk dibawa kemana – mana dan mudah untuk mengaksesnya. Apalagi sekarang ini ada yang namanya Laptop Hybrid.

Apa itu Laptop Hybrid?
Laptop Hybrid atau yang sering disebut Tablet PC adalah laptop multifungsi. Maksudnya multifungsi adalah Laptop ini bisa menjadi tablet. Terdapat 2 jenis, yaitu Tablet PC dan Laptop 360. Untuk Tablet PC, layar pada laptop bisa di lepas dan dijadiin tablet. Sedangkan untuk Laptop 360, layar pada laptop bisa diputar 360, sehingga menjadi tablet yang dimana posisi keyboard terbalik.

Asus Transformer Book – Merupakan Tablet PC
HP Pavilion x360 – Merupakan Laptop 360

Untuk di Indonesia, laptop model seperti ini masih lah sangat baru.
Dan kebanyakkan dari yang saya lihat, harga laptop model ini lumayan terjangkau. Tetapi untuk spesifikasi yang rendah. Kebanyakkan model Laptop seperti ini di Indonesia, di lengkapi dengan processor Intel Celeron, untuk harga yang terjangkau. Untuk spesifikasi yang tinggi, harganya akan jauh lebih mahal.

Setelah saya rasakan menggunakan Laptop 360 dengan Intel Celeron, peforma laptop tidak lah terlalu bagus. Tidak cocok untuk pekerjaan yang berat (seperti editing video dan 3D). Lebih cocok untuk kegiatan keseharian yang ringan – ringan. Jadi menurut saya, Laptop Hybrid cocok untuk kegiatan sehari – hari yang ringan.

Inti untuk Laptop Kegiatan Sehari – Hari adalah :

1. Portable.
2. Processor tidak lah butuh yang super. Intel Pentium atau Celeron atau lebih bagus lagi Intel Core i3 sudah mencukupi.
3. Tidak perlu khawatir dengan HDD.4. Layar tidak perlu yang besar. 10 atau 11 inch sudah mencukupi.
5. Tidak perlu Graphic Card (Nvidia atau AMD). Intel HD sudah mencukupi.
6. Range Harga 2 – 5 juta

// Laptop Mid-Range (Editing Video, 3D Normal)

Untuk laptop tipe seperti ini, kebanyakkan dengan range harga 6 – 10 juta.
Membutuhkan processor yang mumpuni (Intel Core i5 ayau i7) dan Graphic Card yang bagus (seperti, Nvidia GT740M – NVDIA GT850M).Sehingga pada proses Editing akan mengurangi lagging pada saat editing.

Saya sarankan processor Intel Core i7 dan Graphic Card Nvidia tipe 800-an. Dengan processor dan Graphic Card tersebut, proses editing akan terasa lumayan lancar, walaupun masih mengalami sedikit lagging.

Untuk editing seperti menggunakan Adobe Premier atau Sony Vegas Pro, proses editing akan terasa lebih lancar, tetapi untuk After Effects, akan masih mengalami lagging saat editing. Tetapi overal lancar – lancar saja asalkan editing yang tidak berat – berat amat.

Untuk HDD (Harddisk), saya sarankan cari laptop yang mempunyai kapasitas HDD 1 TB (Tera Byte). Sehingga lebih leluasa menyimpan file dan menginstall banyak program. Disarankan untuk menggunakan SSD, agar proses write and read lebih cepat.

Untuk Layar Laptop, tidak lah perlu yang besar – besar, tetapi lebih besar akan lebih baik. 😀

// Laptop Gaming (Games berat, Editing Hardcore, 3D)

Untuk yang satu ini, sangat lah mudah untuk di tentukan. Dengan range harga 10 – 20 jutaan, temen – temen bisa memiliki laptop dengan performa tinggi. Laptop Gaming, otomatis bisa untuk editing. Terutama editing yang berat – berat, yang memerlukan spek tinggi.

Ada 1 ciri khas Laptop Gaming, yaitu di keyboard nya terdapat Numpad. Tau numpad kan? Itu loh yang keyboard hanya angka saja dan di lengkapi keyboard +, -, /, *, Enter, dkk. Sehingga body laptop lebih lebar daripada laptop yang biasanya. Dan otomatis layar laptop lebih lebar juga. Sehingga resolusi akan lebih besar (2K hingga 4K), hal tersebut akan memuaskan mata kita. 😀

Untuk tipe yang satu ini tidak perlu di bahasa processor nya atau Graphic Card nya. Karena SUDAH PASTI MUMPUNI. 😀

 

Inti dari semuanya adalah :

1. Jikalau mau beli laptop untuk keseharian, range harganya adalah 2 – 5 jutaan, masalah spesifikasi, sudah pasti sesuai.
2. Untuk laptop Mid to High, range harganya adalah 6 – 10 jutaaan.
3. Untuk Gaming. Sudah pada tau deh berapa range nya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.