[Ayo Belajar] Konversi Biner Ke Desimal / Desimal Ke Biner

Ayo Belajar_Sistem Bilangan_Biner to Desimal

Halo pembaca sekalian!
Kembali lagi di Zinetic Blog! Kali ini kita akan melanjutkan mengenai materi Sistem Bilangan. Seperti yang saya katakan di post sebelumnya, jikalau setiap jenis bilangan terkait satu sama yang lain, yang dimana mereka bisa di konversi menjadi jenis bilangan yang lainnya.

Untuk di post ini, saya akan menjelaskan konversi bilangan Desimal ke Biner maupun Biner ke Desimal. Untuk heksadesimal dan oktal akan dibahas di post berikutnya.

Let’s Check it Out!

==================================================================

DESIMAL KE BINER

Desimal ke Biner

Seperti yang dijelaskan pada gambar di atas. Kita bisa mengubah bilangan desimal ke bilangan biner dengan membagi bilangan desimal tersebut dengan 2, lalu akan terdapat sisa antara 0 (tidak ada sisa) dengan 1. Hasil dari pembagian pertama, kita bagi lagi dengan 2 dan seterusnya.

Setelah di bagi, kita susun angka dari sisa – sisa pembagian tersebut (angka 0 dan 1 nya), menjadi sebuah deretan angka. Agar lebih mudah terbaca, satu deretan terdiri dari empat angka (0100). Sebenarnya hasilnya bisa ditulis dengan 100100, tetapi itu akan membuat bingung jika di baca. Juga dapat ditulis tanpa space antar deret, seperti 00100100.

BINER KE DESIMAL

Biner ke Desimal

Untuk mengubah bilangan biner ke desimal dapat dengan cara seperti yang di jelaskan pada gambar di atas. Saat melihat gambar diatas, kita mengetahui bahwa pada bilangan biner 0 dan 1 terdapat berbagai macam nilai. Deretan nilai tersebut adalah nilai pada perkalian 2 yang diawali dengan nilai 1 pada baris angka pertama pada deret bilangan biner. Deretan nilai tersebut tidak hanya sampai 128 tetapi bisa bertambah lagi.

==================================================================

Sekian untuk post kali ini. Terima kasih atas kunjungan nya!
Stay Tune untuk post berikutnya! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.